Salingsapa

3 KEUTAMAAN PUASA

Jum'at, 10 Juli 2015 15:12 WIB | Dilihat 1.395 kali
“ … Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju ke surga …” (HR. Muslim)

3 Keutamaan Puasa

1. Puasa adalah Tameng dan Pahalanya Besar
Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasalaam bersabda, “Puasa itu adalah perisai. Oleh karena itu, jika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah dia berkata-kata kotor dan jangan pula berlaku bodoh. Jika ada orang yang memerangi atau mencacinya, maka hendaklah dia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’ (sebanyak dua kali). Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada aroma minyak kesturi, di mana dia meninggal kan makanan, minuman, dan nafsu sahwatnya karena Aku (Allah). Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala karenanya dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Puasa Sarana Penebus Dosa
Rasulullah bersabda, “Kesalahan seseorang terhadap keluarga, harta dan tetangganya akan dihapuskan oleh shalat, puasa dan shadaqah.” (HR Bukhari dan Muslim)
3. Disediakan Pintu Surga Khusus
Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya di Surga itu terdapat satu pintu yang diberi nama ar-Rayyan. Dari pintu itu orang-orang yang berpuasa akan masuk pada hari Kiamat kelak. Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka ditanykan ‘Mana orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka pun berdiri. Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut.’” (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh: Dr. Abdullah ath-Thayyar, Ash-Shiyam

comments powered by Disqus