Blog

Kondisi Permainan tradisional yang mulai pudar dari permainan anak-anak negri


Oleh Andi Ivan V | Selasa, 15 Maret 2011 01:40 WIB | 1650 Views

Pada jaman sekarang ini, jaman yang penuh dengan teknologi yang berada di luar akal sehat manusia makin menjamur di seluruh dunia.

Semakin banyak permainan dengan teknologi yang begitu canggih yang di produksi oleh negara-negara produsen mewabah dan meracuni seluruh umat manusia dari yang berumur balita sampai dengan pada tingkat umur yang dewasa.

Permainan permainan dengan teknologi canggih ini seperti, playstation,x-box,psp,game-online, remote control, dan masih banyak lagi permainan dengan teknologi canggih mulai menjadi sahabat bagi anak-anak negri.

Dengan teknologi yang seperti ini pada sisi positifnya adalah anak-anak memang menjadi lebih mengerti dalam menjalankan teknologi-teknologi canggih. Anak-anak juga tidak akan kaget pada nantinya jika nanti di masa yang akan datang mereka akan menghadapi barang-barang dengan teknologi yang begitu canggih. Dengan adanya teknologi seperti ini, sebenarnya baik untuk anak-anak, karena dengan adanya teknologi seperti ini anak-anak dapat termotivasi untuk membuat barang-barang dengan teknologi seperti ini. Di samping itu juga, anak-anak bisa lebih pintar dari orang tua atas teknologi canggih seperti ini. Begitu banyak sisi positif yang bisa kita ambil dari jaman yang penuh dengan teknologi canggih seperti sekarang ini.

Tapi di balik semua itu, ada yang lebih memprihatinkan. Coba kita lihat dari sisi negatifnya,akibat atau dampak dari semua barang-barang dengan teknologi yang super canggih yang menjadi sahabat bagi anak anak negri di jaman sekarang ini. Akibat dari semua ini, banyak anak-anak yang jarang sekali bahkan hampir tak terlihat anak-anak negri memainkan permainan-permainan tradisional. Permainan tradisional yang sejak dulu ada, yang diberikan oleh nenek moyang kita terdahulu seperti permainan tradisional petak umpet, galasin, kelereng, ular naga panjang, congklak, benteng, dll.

Kondisi seperti ini sudah sangat memprihatinkan, karena yang saya lihat jarang sekali anak-anak yang memainkan permainan-permainan tradisional.

Bagaimanakah nasib permainan tradisional bagi anak cucu kita di masa depan jika anak-anak jaman sekarang tidak melestarikan dan membudayakannya sebagai permainan anak negri.

Bahkan mungkin saya berpikir ada anak-anak yang tidak mengenal sama sekali permainan-permainan tradisional.Kondisi ini sungguh memprihatinkan karena pastinya jika permainan-permainan tradisional tidak dikenalkan, dilestarikan, dan dibudayakan pada anak-anak negri jaman sekarang, di masa depan pastinya anak-anak tidak akan mengenal sedikitpun permainan yang telah diberikan nenek moyang kita.Padahal sebenarnya permainan tradisonal lebih mengasyikkan untuk dimainkan, karena permainan tradisional di samping sebagai untuk menghibur diri di waktu senggang permainan ini juga memberikan kita pengajaran terhadap kehidupan seperti adanya solidaritas antara yang satu dengan yang lainnya, adanya tanggung jawab yang di berikan, kejujuran dalam bermain, dan begitu banyak yang kita dapat ambil pengajarannya dari permainan ini.

Menurut saya, sebenarnya antara permainan-permainan teknologi-teknologi canggih dengan permainan tradisonal harus balance atau seimbang.maka dari itu di anjurkan bagi para orang tua, wajibnya harus mengenalkan permainan tradisional bagi anak-anaknya.

PERMAINAN TRADISONAL NEGRI INI HARUS TETAP DILESTARIKAN, DIBUDAYAKAN,DIMAINKAN DAN HARUS TETAP ADA PADA SETIAP GENERASI GENERASI SEKARANG DAN MASA DEPAN !









Blog Lainnya
Blog Terpopuler