Salingsapa

EKSPRESI DALAM SENI

Sabtu, 12 Maret 2011 02:43 WIB | Dibaca 6803 kali
“ … Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju ke surga …” (HR. Muslim)

Sebuah interpretasi, dari buku Filsafat Seni karya: Jacob Sumardjo

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, ekspresi adalah proses menyatakan atau pengungkapan maksud (perasaan, gagasan, dan sebagainya) yang dilakukan oleh seseorang. Ekspresi sendiri dapat terjadi apabila seseorang bersinggungan dengan keadaan perasaan tertentu dan bereaksi terhadapnya. Sebagai contoh, apabila seseorang dilanda rasa sedih karena kejadian buruk menimpa dirinya maka ia (kemungkinan) menangis, ketakutan, marah dan sebagainya. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat faktor kausal di dalam diri seseorang sehingga ia berperilaku mengeluarkan ekspresi. Substansinya adalah, manifestasi dari perasaan-perasaan yang dialami seseorang, itulah ekspresi.

Dalam seni, kita mendengar istilah ekspresi seni. Pertanyaannya adalah, apakah ekspresi dalam seni itu? Seni maupun ekspresi, keduanya selalu berkaitan dengan perasaan. Perasaan lah yang menimbulkan ekspresi dan perasaan juga yang mempengaruhi nilai seni. Tidak semua bentuk ekspresi dapat disebut sebagai ekspresi dalam seni. Ekspresi dalam seni atau ekspresi seni merupakan sebuah genre baru dalam ekspresi. Disebut baru karena ekspresi dalam seni merupakan sebuah wujud ekspresi yang ditempatkan dalam koridor seni dan terdapat proses yang berhierarki untuk mencapainya.

Seorang seniman tidak akan mungkin secara langsung atau secara spontan dapat mewujudkan karyanya ketika dilanda perasaan takut, gelisah, gembira, sedih dan sebagainya. Perasaan-perasaan yang dialaminya harus ditangguhkan terlebih dahulu (dijadikan objek) sehingga menjadi sebuah memori, kenangan dan pengalaman bagi dirinya (berjarak dengan sang seniman). Apabila perasaan-perasaan tersebut telah diolah oleh sang seniman menjadi objek, maka dalam keadaan perasaan sekarang yang gembira, perasaan yang penuh dengan antusias dalam berkarya dan berkesenian, sang seniman dapat merealisasikan karyanya. Karya seni yang terlahir melalui proses tersebut akan membawa nilai ekspresi yang universal, yang orang lain dapat ikut merasakannya sama seperti apa yang pernah dialami oleh sang seniman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ekspresi dalam seni adalah ekspresi yang terdapat dalam suatu karya seni dan mengandung nilai perasaan tertentu yang universal, yang orang lain dapat ikut menangkap serta merasakan nilai-nilai ekspresi perasaan dari karya seni tersebut.

02:40 WIB, 12 Maret 2011

Di rumahku tercinta SAMAWA

comments powered by Disqus