Salingsapa
PASUKAN YANG TERIKAT
Selasa, 14 Juni 2016 09:00 WIB

“Ruh-ruh itu bagai pasukan yang dibariskan, Jika mereka saling mengenal, maka bersepakatlah mereka. Jika mereka saling merasa asing, berselisihlah mereka.” (HR. Bukhari & Muslim )

view more
Kisah Nenek dan Daun Pohon
Kamis, 24 Desember 2015 13:00 WIB

Dahulu di sebuah kota di Madura, ada seorang nenek tua penjual bunga cempaka. Ia menjual bunganya di pasar, setelah berjalan kaki cukup jauh. Usai jualan ia pergi ke Masjid Agung di kota itu. Ia berwudu, masuk masjid, dan melakukan shalat Zuhur. Setelah membaca wirid sekadarnya, ia keluar masjid dan membungkuk-bungkuk di halaman masjid. Ia mengumpulkan dedaunan yang berceceran di halaman masjid. Selembar demi selembar dikaisnya. Tidak satu lembarpun ia lewatkan.

view more
​NARASI MUHAMMAD
Rabu, 16 Desember 2015 18:00 WIB

“Aku bisa berdoa kepada Allah untuk menyembuhkan butamu dan mengembalikan penglihatanmu. Tapi jika kamu bisa bersabar dalam kebutaan itu, kamu akan masuk surga. Kamu pilih yang mana?”

view more
Kekasih Allah: "Manusia Langit" yang Tak Dikenal
Jum'at, 04 September 2015 05:56 WIB

Sekali-kali jangan pernah merasa diri lebih tinggi, lebih besar, lebih fakih, lebih berilmu, dan lebih banyak amal, karena kita tidak tahu orang di sekeliling kita. Bisa jadi dia biasa-biasa saja, berpenampilan sederhana, bahkan di masyarakat hanya dipandang sebelah mata, tetapi ternyata berhati mulia dan termasuk pribadi bertakwa di sisi-Nya. Sebab ada banyak kekasih Allah yang tak kita kenal.

view more
AMALAN ISTIMEWA
Kamis, 03 September 2015 07:23 WIB

Allah mencintai amal yang kita lakukan secara konsisten (terus menerus) meskipun sedikit. Maka milikilah amalan istimewa yang hanya dirimu dan Allah saja mengetahuinya. Kerjakanlah secara konsisten walaupun amalan tersebut sederhana, tapi yakinlah tidak semua orang mampu istiqomah mengerjakannya. Selamat memiliki amalan istimewa!

view more
BUNGKUS DAN ISI
Rabu, 02 September 2015 17:21 WIB

Sahabatku...Hidup akan sangat melelahkan, sia-sia dan menjemukan bila pikiran hanya digunakan untuk mencari dan mengurus BUNGKUS-nya saja sementara ‎mengabaikan dan mengacuhkan ISI-nya.‎ Apa itu "Bungkus" nya dan apa itu "Isi" nya?. Tulisan ini akan menjelaskannya. Selamat menyimak. Mari utamakanlah Isi-nya. Namun tetap rawatlah Bungkus-nya.

view more
DIBALIK KETIDAKTAHUAN
Selasa, 01 September 2015 09:13 WIB

Ternyata dibalik ketidaktahuan kita, Allah telah menyiapkan Kejutan! Seringkali Allah Berkehendak didetik-detik terakhir dalam pengharapan dan ketaatan hamba-hambaNya. Jangan kita berkecil hati saat sepertinya belum ada jawaban dari do'a. Karena kadang Allah mencintai kita dengan cara-cara yang kita tidak duga dan kita tidak suka.

view more
Persaudaraan Surgawi
Kamis, 20 Agustus 2015 17:07 WIB

Mu'awiyah Ibnu Sufyan menasihati, "Meski yang menghubungkanku dengan orang lain hanya seutas benang, maka akan kujaga jalinannya. Bila ia mengendurkan aku akan mengencangkan, dan bila ia mengencangkan aku akan mengendurkannya hingga tak putus ikatannya.” Indahnya ukhuwah. Yang jauh makin mendekat. Yang dekat semakin erat. Hati pun makin terikat. Indahnya kebersamaan ini mari kita jaga hingga akhir nanti. Bahu membahu mengusung amanah untuk raih mulia di kehidupan abadi. Semoga kekal di kehidupan tiada bertepi.

view more
TABAYYUN
Rabu, 05 Agustus 2015 09:08 WIB

Saudaraku. Maukah engkau ku tunjukkan satu cara memuliakanku? Sebagai tanda cintamu kepadaku karena Allah. Agar aku jauh dari musibah fitnah di muka bumi ini. Juga untuk menjaga kemuliaanmu di hadapan Allah dan umat manusia. Yaitu, jika ada berita tentangku. Tabayyunlah...!!!

view more
Masjid Ramah Anak
Senin, 03 Agustus 2015 12:22 WIB

Sudah bukan menjadi rahasia lagi betapa kadang anak-anak kehadirannya tidak begitu diharapkan di dalam masjid. Anak-anak dianggap pengganggu kekhusyukan dalam beribadah. Sehingga bahkan ada masjid yang terang-terangan menulis larangan anak masuk masjid. Bahkan ada orang dewasa yang tak segan-segan menghardik dan mengancam mereka jika bermain dan bercanda. Masjid pun menjadi tempat menyeramkan. Anak-anak pun mencari tempat alternatif hiburan. Pilihannya playstation dan game online. Permainan menyenangkan. Penjaganya pun menyambut ramah. Akhirnya pihak masjid pun susah mencari kader remaja masjid. Banyak remaja yang menolak, sebab waktu kecil selalu dimusuhi saat di masjid. Sifat Allah Yang Maha Rahman tak muncul dalam perilaku sebagian pengurus masjid yang galak dan suka bentak anak. Anak-anak lebih mengenal Allah Yang Mahakeras siksanya dibandingkan Maha Rahim-Nya. Sebab mereka banyak dihukum dan dimarahi jika bermain-main di masjid. Maka dari itu, Penting! Dibutuhkan masjid ramah anak, bukan yang sinis terhadap anak-anak!.

view more
Haaruuna Akhii
Minggu, 02 Agustus 2015 10:21 WIB

Amunisi apa yang pertama kali diminta Musa saat diberi tugas maha berat mendakwahi ayah angkatnya sendiri yang durjana level 4? Satu set alusista? Modal bermilyar? Satu peleton pasukan invanteri? Satu korps kavaleri? Tongkat mukjizat? Tidak, tongkat itu Allah yang beri tanpa Musa minta. Tetapi, Musa minta Harun agar membersamainya. Sebab Musa tahu bahwa jalan di depan akan penuh liku tanjak.

view more
Masa Depan Yang Sesungguhnya
Sabtu, 01 Agustus 2015 14:43 WIB

Masa depan adalah titik merah yang takkan pernah kita capai. Karena bila kita mencapainya, masa itu berubah menjadi masa kini, lalu kita akan menghadapi masa depan berikutnya dan begitu seterusnya. Masa depan yang sesungguhnya adalah: "Ketika engkau membuat Allah ridha kepadamu, lalu engkau selamat dari neraka-Nya dan mendapatkan surga-Nya".

view more