Salingsapa
Menjadi Orangtua Amanah
Sabtu, 15 Agustus 2015 09:16 WIB

Tugas orangtua mengarahkan anaknya untuk menjalankan programnya sebagai khalifah Allah. Fitrah sejatinya adalah program. Fitrah ibarat 'software' yang ditanam dalam setiap bayi. Orangtua yang mengaktifkan atau merusaknya. Nah tugas orang tua sejatinya adalah memastikan anaknya untuk menjalankan programnya di dunia dengan baik. Kemudian mengenali softwarenya, lalu menyesuaikan dengan hardwarenya, lalu install lah.

view more
AYAH PENGEMBARA
Rabu, 12 Agustus 2015 07:38 WIB

Siapa yang dimaksud dengan ayah pengembara? Ini adalah kisah ayah yang banyak menghabiskan waktunya di luar rumah karena tuntutan tugas. Ada yang berhari-hari di lautan, lepas pantai atau perbatasan negara. Atau dipindahtugaskan ke luar daerah hingga terpaksa harus terpisah dari keluarga hingga berbulan-bulan. Namun tak menghalangi keinginan untuk tetap mengurus anaknya meskipun dari kejauhan. Jauh dari anak bukan menjadi penghalang bagi ayah untuk mendidik anak mereka. Sebab sejarah membuktikan bagaimana Ibrahim sosok ayah teladan sukses mendidik anaknya menjadi Nabi yakni Ishaq dan Ismail. Padahal beliau pulang setahun sekali. Hal ini menandakan ayah masih bisa berkontribusi terhadap tumbuh kembang anak meskipun jauh terpisah hingga rentang waktu yang lama. Apalagi bagi ayah yang sekedar pekerja kantoran dengan label angkatan 59. Berangkat jam 5 pulang jam 9. Upaya mendidik anak berkualitas masih amat mungkin diupayakan.

view more
Bahasa, Salah Satu Kunci Perbaiki Generasi
Senin, 10 Agustus 2015 13:02 WIB

Hari ini mari kita baca pesan Allah tentang pentingnya orangtua memperhatikan bahasa, karena ia adalah satu kunci dari "Dua Kunci Memperbaiki Generasi". Inilah yang harus juga kita lakukan disamping memperbaiki keimanan: perbaiki bahasa dan cara berbahasa kita pada anak. Yuk kita belajar meningkatkan kualitas komunikasi kita sebagai orangtua.

view more
Al-Qur'an Nutrisi Terbaik Untuk Anak
Minggu, 09 Agustus 2015 14:22 WIB

Imam al-Bukhari meriwayatkan di dalam at-Taariikhul Kabiir, bahwasanya Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallaam bersabda: “Barang siapa yang mempelajari al-Qur’an di usia muda, maka Allah akan menyatukan al-Qur’an dengan darah dan dagingnya.” (at-Taariikhul Kabiir iii /94)

view more
Resep Mendidik Anak
Sabtu, 08 Agustus 2015 14:24 WIB

Jika melihat anakmu menangis, jangan buang waktu untuk mendiamkannya. Coba tunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis, adalah menunduk. Resep selengkapnya mari simak tulisan ini yah sahabat. Semoga Allah senantiasa membantu kita dalam mendapatkan pasangan yang sakinah serta anak yang sholeh/sholeha hingga bisa masuk surga melalui pintu mana saja yang dikehendaki. Aamiin.

view more
Berapa Harga Anak Kita?
Jum'at, 07 Agustus 2015 10:22 WIB

Berapa harga anakmu? Bingung pasti. Karena nilai anak tak bisa diukur dengan materi, tak ternilai...! Tapi benarkah anak itu tak ternilai? Kadang-kadang atau mungkin seringkali anak bernilai sangat rendah di mata orangtua. Kadang dia lebih rendah nilainya dari sebuah mangkok atau piring. Yang jika pecah, suara kemudian meninggi memecahkan hati sang anak. Kadang anak juga lebih rendah nilainya dibanding facebook atau pertandingan bola. Sehingga lebih banyak waktu dan keseriusan yang dihabiskan untuk facebook dan nonton bola ketimbang mendengarkan cerita anaknya di sekolah. Berapa nilai anak bagi kita? Adalah sejauh keikhlasan kita menahan diri hingga tidak merusak hatinya...! Adalah sejauh kemampuan kita menempatkan harga dirinya jauh diatas benda-benda mati yang kita miliki...! Benda itu tidak akan menolong kita di yaumil akhir...! Sementara anak, adalah investasi kita dihadapan Allah. Dia yang akan memperpanjang usia historis kita dengan do’a dan amal shalih yang kita ajarkan dan dia melakukannya.

view more
NEGERI TANPA AYAH
Kamis, 06 Agustus 2015 15:16 WIB

Jika memiliki anak sudah ngaku-ngaku jadi AYAH, maka sama anehnya dengan orang yang punya bola ngaku-ngaku jadi pemain bola. AYAH itu gelar untuk lelaki yang mau dan pandai mengasuh anak bukan sekedar 'membuat' anak. Jika AYAH mau terlibat mengasuh anak bersama ibu, maka separuh permasalahan negeri ini teratasi. AYAH yang tugasnya cuma ngasih uang, menyamakan dirinya dengan mesin ATM. Didatangi saat anak butuh saja. Ibarat burung yang punya dua sayap. Anak membutuhkan kedua-duanya untuk terbang tinggi ke angkasa. Kedua sayap itu adalah AYAH dan ibunya. Ibu mengasah kepekaan rasa, AYAH memberi makna terhadap logika. Kedua-duanya dibutuhkan oleh anak. Jika ibu tak ada, anak jadi kering cinta. Jika AYAH tak ada, anak tak punya kecerdasan logika. AYAH mengajarkan anak menjadi pemimpin yang tegas. Ibu membimbingnya menjadi pemimpin yang peduli.

view more
TABAYYUN
Rabu, 05 Agustus 2015 09:08 WIB

Saudaraku. Maukah engkau ku tunjukkan satu cara memuliakanku? Sebagai tanda cintamu kepadaku karena Allah. Agar aku jauh dari musibah fitnah di muka bumi ini. Juga untuk menjaga kemuliaanmu di hadapan Allah dan umat manusia. Yaitu, jika ada berita tentangku. Tabayyunlah...!!!

view more
Anakku Belajar Kecewa
Selasa, 04 Agustus 2015 17:22 WIB

Mengajarkan anak memilih adalah tanggung jawab orangtua, memilih dan konsekuensinya tidak terpaku hanya pada benda namun juga dalam menentukan sikap. Pastikan Anda menjelaskan pilihan konsekuensinya dengan penuh kasih sayang dan yakinkan apapun pilihannya Anda akan tetap bersamanya apabila itu yang diinginkannya. Dan dalam hal ini, orangtua sebagai guru yang paling utama bagi anak, wajib mengajarkan memilih mana yang baik atau buruk. Jika pilihan itu tidak mengenakkan untuk anak pun, orangtua harus mau memahami.

view more
Dzikir yang Dilakukan dalam Menghadapi Segala Urusan
Selasa, 04 Agustus 2015 10:15 WIB

Apa sajakah dzikir-dzikir yang dilakukan dalam menghadapi segala urusan?. Selengkapnya mari simak artikel ini yah sahabat. Semoga dapat membantu kita dalam segala urusan agar menjadi lebih tenang. Semoga catatan kecil ini bermanfaat bagi sahabat salingsapa dimanapun berada.

view more
Masjid Ramah Anak
Senin, 03 Agustus 2015 12:22 WIB

Sudah bukan menjadi rahasia lagi betapa kadang anak-anak kehadirannya tidak begitu diharapkan di dalam masjid. Anak-anak dianggap pengganggu kekhusyukan dalam beribadah. Sehingga bahkan ada masjid yang terang-terangan menulis larangan anak masuk masjid. Bahkan ada orang dewasa yang tak segan-segan menghardik dan mengancam mereka jika bermain dan bercanda. Masjid pun menjadi tempat menyeramkan. Anak-anak pun mencari tempat alternatif hiburan. Pilihannya playstation dan game online. Permainan menyenangkan. Penjaganya pun menyambut ramah. Akhirnya pihak masjid pun susah mencari kader remaja masjid. Banyak remaja yang menolak, sebab waktu kecil selalu dimusuhi saat di masjid. Sifat Allah Yang Maha Rahman tak muncul dalam perilaku sebagian pengurus masjid yang galak dan suka bentak anak. Anak-anak lebih mengenal Allah Yang Mahakeras siksanya dibandingkan Maha Rahim-Nya. Sebab mereka banyak dihukum dan dimarahi jika bermain-main di masjid. Maka dari itu, Penting! Dibutuhkan masjid ramah anak, bukan yang sinis terhadap anak-anak!.

view more
Haaruuna Akhii
Minggu, 02 Agustus 2015 10:21 WIB

Amunisi apa yang pertama kali diminta Musa saat diberi tugas maha berat mendakwahi ayah angkatnya sendiri yang durjana level 4? Satu set alusista? Modal bermilyar? Satu peleton pasukan invanteri? Satu korps kavaleri? Tongkat mukjizat? Tidak, tongkat itu Allah yang beri tanpa Musa minta. Tetapi, Musa minta Harun agar membersamainya. Sebab Musa tahu bahwa jalan di depan akan penuh liku tanjak.

view more