2309
Menyukai ini
Audio K. H. Muhammad Arifin Ilham



Video K. H. Muhammad Arifin Ilham



Jadwal Ceramah Hari ini
  • K. H. Muhammad Arifin Ilham
  • SubhanAllah sahabatku, nama itu adalah doa, stp disebut menjadi doa, ciri muslim, & ortu bertanggungjawab ttg pemberian nama, inilah diantara contoh nama2 Islam u perempuan,
    1. Abida Jinan = ahli ibadah calon penghuni syurga
    2. Afia Najah = wanita yg sehat,bermanfaat&sukses
    3. Amila Husnah : wanita pekerja dgn kemuliaan akhlak
    4. Athifa Urfa : lembut krn mngenal Allah
    5. Adiba Hudaya : wanita beradab krn meraih hidayah Allah
    6. Adila Amnan : wanita yg menegakkan keadilan u kedamaian
    7. Akifa Thoa : putri yg berketetapan dlm taat
    8. Amani Ilham : wanita yg cita citanya berdasarkan ilham Allah
    9. Amira Hanan : ratu yg sangat lembut
    10. Arifa Hubba : wanita makrifat yg merindukan cinta Allah.
  • Komentari 09 April 2012 at 10:18 am
  • Abida Jinan

    subhanaulah nama2 bagus ... ustat ntar klu sy punya anak akn sy beri nama Abida jinan .. amin

    10 April 2012 at 03:49 am
    Ikhwa Fillah

    Ass.. subhanallah ustad ana jemaah selasa malam alamru bitaqwa... istri ana hamil anak yang ke-2 (klo hasil usg dktr prm) mohon klo berkenan utk memberikan salah satu nama utk anak ana...syukron..

    10 April 2012 at 08:01 am
    Arief Alkhaliel

    subhanallah....

    11 April 2012 at 11:59 am
    Faizal Suherman

    Subhanallah ... Ustadz saya jamaah tarbiyah malam rabu dan zikir akbar minggu pertama dan ke tiga, dan saya selalu hadir di kegiatan az zikra,, akhir bulan ini anak ke dua saya akan lahir yang di perkirakan laki2 kata dokter, bolehkah berkenan memberi nama anak kami ustadz, mohon ustadz..syukron

    11 April 2012 at 12:12 am
    Yatie Awang

    Allah hu akbar..indah sekali nama2 itu

    12 April 2012 at 08:39 am
    Mohammad Iwan

    subhanallah..

    14 April 2012 at 10:54 am
    Nining Cahya

    subhanAlloh nama2 yang bagus...

    16 April 2012 at 08:31 am
    Vikal Samudra

    subehanallah

    17 April 2012 at 17:31 pm
    Indra Kusuma

    Alhamdulillah ananda namaya Muhammad Iqbal..

    17 April 2012 at 17:59 pm
    Ali Nuru Sobahi

    itulah indahnya islam,tp syg sekali terkadang ortu memberi nama krn gandrung dg sinetron...

    17 April 2012 at 18:27 pm
    Liska

    Subhaanallah.
    Ustadz,nama saya liska,tdk ada dlm al-quran.
    Itu bgaimana ustadz?

    18 April 2012 at 08:51 am
    Adrianfenisya

    asslammualikum...,pak ustad saya pnya masalah dalam berpacaran.,saya selalu aja di sakiti nya.,pdhal di dalam ayat nya orng sabar di sayang allah.,tpi aku mau aku di sayang pacar n allah pak ustad..

    19 April 2012 at 23:11 pm
    Ridho Akbar Derda Putra

    assalammualaikum.....,pak ustad apakah nama ku juga termasuk dalam kategori yg bapak sebutkan pak...???

    20 April 2012 at 10:59 am
    Kudrat Nurmansyah

    Subhanalloh
    Nama nama yang sangat indah.

    21 April 2012 at 12:05 am
    Redi Rahman Hakim

    kalau nama untuk laki - lakinya ustadz

    23 April 2012 at 16:55 pm
    Abdul Hafidz

    yah wanita jaman sekarang apa yang di perjuangkan sudah melenceng dari content tulisan tsb.. semoga dg banyak share tulisan ini bisa merubah paradigma para wanita jaman sekarang untuk meluruskan niat sesuai alQur`an dan sejarah wanita di zaman Rosululloh Muhammad SAW... amin..

    24 April 2012 at 14:17 pm
    Ida Munawaroh

    Nama2 yang sangat bagus ustadz,,,boleh ya aku pilih salah satu kalo aku diberi amanah nanti....

    24 April 2012 at 14:25 pm
    Alexanderklasnick

    assalamu`alaikum ustad, saya minta tolong di kasih saran nama anak laki laki yang bagus & keren.trima kasih... assalamu`alaikum

    27 April 2012 at 17:06 pm
    Fangki

    assalamualaikum,. mw numpang promo nih,.berrbisnis sambil beramal, kunjungi,.
    www.income-syariah.com/?id=fadhilah

    dapatkan pula produk2 software islami & tausiyah ustadz.
    insya Allah berkah
    gabung ya,.. syukron

    06 May 2012 at 07:04 am
    SAEFUL AMRIE

    SUBHANALLAH
    Nama yg bagus...

    07 May 2012 at 21:35 pm
    AGUS SUSANTO

    subhanallah

    10 May 2012 at 12:18 am
    Setiawan Ariv

    subhanallah

    11 May 2012 at 15:56 pm
    Indrayana Jamal

    kenapa baru skarang sya gabung di ss yaa...asyik

    13 May 2012 at 13:50 pm
    Indrayana Jamal

    ustadz sya mau tanya, terkadang ada orang yang tdk ingin tau n tidak ingin menerima saran orang lain apalagi yang bersangkutan ttg agama, bagaimana cara u meyakinkannya??

    13 May 2012 at 13:52 pm
    Jemi Kurniawan

    Subhanallah...Memang sungguh Nama2 yg Indah...Maha Kaya Engkau Yaa Allah..

    22 May 2012 at 23:13 pm
    Muhamad Saepudin

    subhanallah nama" yg indah...
    aku jadi bangga mmbaca nama" itu

    23 May 2012 at 08:46 am
    Arif Budiyanto

    Subhanallah, Syukron ya ustad atas nama-namanya !!!!

    25 May 2012 at 15:22 pm
    Arif Budiyanto

    Subhanallah, Syukron ya ustad atas nama-namanya !!!!

    25 May 2012 at 15:22 pm
    Abdul Hidayah

    alhamdulillah, salammu `alaikum

    27 May 2012 at 03:23 am
    Ust. Burhanuddin Rasyid

    assalamu`alaikum warohmatullohi wabarokatuh, kapan adajaduwal di bandung jawa barat

    31 May 2012 at 13:39 pm
    Nina SmiLe

    Nina suka Afia Najah = wanita yg sehat,bermanfaat & sukses

    01 June 2012 at 14:12 pm
    Khairil Anwar

    Assalamualaikum ustas...saya mau betanya..pelaksanaan shalat sunat dhuha dimuai dari jam berapa sampai jm berap ustas..termksh.

    07 June 2012 at 09:59 am
    Abans

    asalamualaikum ustad.

    08 June 2012 at 18:00 pm
    Rizqi Ummu Kultsum

    subhanallah ..
    ilmu yg sangat bermanffaat :D
    syukran ustad .

    08 June 2012 at 19:34 pm
    Khairil Anwar

    assalamualikum pak ustas....waktu terbaik untuk brzikir kapan ustas???

    14 June 2012 at 10:21 am
    Alfitriatun Nurun Alfiah

    subhanaallah

    14 June 2012 at 14:49 pm
    Alifia Safira

    indah nya,,,

    16 June 2012 at 07:26 am
    Vans Zhieyan

    Sebuah Do`a

    16 June 2012 at 10:51 am
    Ujang Rudi Jaelani

    luar biasa

    18 June 2012 at 12:38 am
    Taufiq Nugraha

    info yg sgt bermanfaat ustadz...terima kasih

    18 June 2012 at 22:11 pm
    Junaedi

    ijin share,ustadz...trims

    29 June 2012 at 13:44 pm
    Soelayman Sultan Uno

    subhanallah... ustad an ingin salahsatu namanya

    02 July 2012 at 16:04 pm
    Hasyim Ibnu Hasbullah

    Assalam Mu`alaikum Ustadz..
    diwaktu saya lahir, saya diberi nama dengan cara dikocok seperti arisan. dan yang keluar adalah Hasyim Asy`ariy sebanyak 3 kali, yang digunakan orang tua saya sebagai nama saya.

    Dan sekarang karena kesalahan disaat sekolah, nama saya disesuaikan ijazah, di KTP pun nama saya jadi Asim Ashari.

    saya tau maknanya berbeda, bagai mana kalau saya menggunakan nama yang sesuai dengan ijazah tersebut, apa hukumnya ?

    13 July 2012 at 08:57 am
    Anugrah Sandi

    mendengarkan murottal sambil membaca al-qur`an dengan QUR`AN PLAYER.. yukk download langsung : http://anugeria.cu.cc/index.php/windows/aplikasi/10-qur-an-player

    20 July 2012 at 04:32 am
    Fauzihasan

    subhanallah..tgl 4 juni anak ke dua saya perempauan "Ayumna Jeaniza Fauzi"..artinya apa ya pa ustadz..wassalamualaikum..

    26 July 2012 at 09:54 am
    Nur Aliyah Bint Utsman

    subhaballah ,,, nama2 yang indah, yang di muliakan oleh Allah, aamiin

    10 August 2012 at 11:35 am
    Whina Indah

    subhanallah ustadt

    16 August 2012 at 10:02 am
    Yulianita Handayani

    subhanallah ustadz artinya indah" banget

    16 August 2012 at 23:34 pm
    Supeno

    subhanallah

    18 August 2012 at 17:18 pm
    Jack Dzafy

    ustadz ana pengen tanya.
    zaman sekarang kayaknya percuma orang tua ngasih nama bagus" toh entar jg bakal dipanggil sama tmn"x dg nama julukan..
    bgmn sikap qt sbg ortu ustadz.?

    29 August 2012 at 00:39 am
    Birin Budi Haryanto

    tidak benar

    02 September 2012 at 09:21 am
    Ahmad Ridwan

    Subhanallah

    02 September 2012 at 23:26 pm
    Ade Nurfaiqoh

    Subhnllah.,nama yg indah dan bermakna..
    Boleh pake kan ustd..
    Mksh info`y,

    05 September 2012 at 22:23 pm
    Ade Nurfaiqoh

    05 September 2012 at 22:23 pm
    Andi Nurmuhita

    subhanallah . . .

    07 September 2012 at 10:27 am
    Ayu Ulfa Dewi

    trimaksih ustad

    08 September 2012 at 16:03 pm
    Dally Kerismawan

    kalo saya nanti subhul khoir

    13 September 2012 at 12:41 am
    Aa Iman Nurhayati

    assalamualaikum

    21 September 2012 at 07:04 am
    Dasrial Irfan Khairi

    nama adalah doa.. Sukran katsir ustad..

    24 September 2012 at 08:10 am
    Muhammad Miftahulhuda

    amin

    25 September 2012 at 12:52 am
    Yaya Achmad

    klo namaku,sugengtriwaluya di ganti naama siapa

    30 September 2012 at 18:33 pm
    Aninda Naima

    assalamualaikum :D

    02 October 2012 at 10:13 am
    Imam Syafaat

    bgus banget

    08 October 2012 at 16:18 pm
    Suhodho,Amd

    Bisnis Online itu hukumnya halal atau haram Pak Ustad.Soalnya saya mengikuti beberapa Bisnis online.Contohnya: http://www.rezekiberkah.com/?id=dhonet212 http://www.sepuluhribu.com/?id=hodoh212 http://www.miogratis.com/?id=dholar007 http://www.18ribu.com/?id=dholar212

    08 October 2012 at 20:11 pm
    Armada_valiant

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.مساء الخير والسرور يا أستاذ...؟؟؟

    12 October 2012 at 01:47 am
    Armada_valiant

    ya USTAD aku ingin bertanya tentang dam di dalam haji.maklum ini kan udah masuk di bulan haji...bagaimana damnya Orang yang jima` sama istrinya sebelum melakukan tahallul awal yang secara di sengaja.....? dan kemudian jima` lagi sebelum tahallul ulaa, jadi jima`nya dua kali sblom tahallul awwal.dan berapa harus bayar dam,,,,?

    12 October 2012 at 02:00 am
    Armada_valiant

    percuma kita nanyak sama ustazd2 ini ,gak ad jawaban sama skali

    13 October 2012 at 21:17 pm
    Armada_valiant

    K. H. Muhammad Arifin Ilham

    13 October 2012 at 21:17 pm
    Edi S Pira

    Tulis Komentar

    29 October 2012 at 07:30 am
    Edi S Pira

    semoga nafas islam selalu tegar dri smnjak zaman rasululullah, hingga di msa kita saat ini.
    tidak ada penambhan dan tidak ada pengurangan dlm melaksanakan amarullah.
    stu semboyan hidup islam adalah" amar m`ruf, nahi mungkar".
    semoga para ustad2 ini tak mengenal lelah dalam mempringti sdra2 nya yg awam tentang hukum islam.
    salam sejahtra buat ustad arifin.

    29 October 2012 at 07:33 am
    Ahmad Syarif

    Semoga nama yang dibrikan oleh orang tua kpd kita berkah Ustadz...... AAMIIN............. Salam ISTIMEWA.

    29 October 2012 at 13:16 pm
    Hafruzar Indrakesuma Nasution

    saya baru ikut saling sapa. Semoga Allah selalu merahmati ustadz dalam berdakwah, Amiin.

    31 October 2012 at 08:34 am
    HambaMu

    Assalamu’alaiku m Warahmatullahi Wabarakatuh...

    03 November 2012 at 20:21 pm
    Ade Hendriana

    Allahu Akbar Semoga kita dapat mengamalkannya
    amiiiiin

    06 November 2012 at 08:52 am
    Heri Kristanto

    kapan ustat arifin dateng ke muntilan, magelang, jawa tenggah???

    07 November 2012 at 20:16 pm
    Paijoo

    Tulis Komentar

    09 November 2012 at 08:56 am
    Paijoo

    subhanallah, indah sekali nama-namanya.

    09 November 2012 at 09:00 am
    Hidayat Aras Reja

    subhanallah

    09 November 2012 at 09:44 am
    Muhammad Zuhdi Khariri

    subhanallah... indahnya islam

    10 November 2012 at 11:29 am
    H.maman Moh.kafi Nur

    MasyaAlloh...nama2 dlm islam sgh indah mdh2n sesuae nama dgn perbuatan...amien.

    12 November 2012 at 18:14 pm
    Rahamat Sofyand

    apkah nama trsbut juga akan berpengaruh pada karakter orng.a ustad,,
    dn tu artinya stiap orng yg memngiilnya brti mendoaknya donk

    17 November 2012 at 10:30 am
    Andas

    subehanallah ...

    21 November 2012 at 21:03 pm
    Jenny Manis

    Alhamdulillah.......

    22 November 2012 at 00:20 am
    Shalimatus

    mng lay kmrend g` bza tha...????

    22 November 2012 at 12:55 am
    Jenny Manis

    SubhanAllah,,,,,, pak ustad sungguh indah sekali nama2 itu,,,, insyaAllah nti klo saya pnya anak prm saya kasih nama sperti nama2 diatas tadi Amin.....

    22 November 2012 at 13:12 pm
    Should Be

    iya memang indah dan bermakna dalam...

    24 November 2012 at 10:16 am
    Al_ghofar El_alas

    iya memang nama adalah sebuah doa, apbila nama itu baik ikutilah apa arti dari nama itu, orang tua memberikan nama bukan sembarang nama tapi mempunyai arti tertentu bukan begitu ?

    24 November 2012 at 12:09 am
    Moh. Akbar D. Talara, SP

    Bagus................... (y)

    06 December 2012 at 21:51 pm
    Mhia Adriyanti Putri

    subhanallah nama yang indah

    08 December 2012 at 13:48 pm
    Ramlan Nurmansyah

    Subhaanallaah

    14 December 2012 at 22:37 pm
    Heri Mulyadi

    Subhanallah ...

    16 December 2012 at 11:45 am
    Fauzan Hazima

    nice nice nice

    31 December 2012 at 09:23 am
    Fauzan Hazima

    nice nice nice

    31 December 2012 at 09:23 am
    Lutfy

    subhanallah?

    04 January 2013 at 16:24 pm
    Pio Phipi

    nama yg cukup singkat tapi bermakna sangat indah :)

    12 January 2013 at 22:25 pm
    Ikhsan Maulana Arief

    subhanAllah...sangat indah

    22 January 2013 at 09:44 am
    Nashir Syihab

    INFO HAJI PLUS 2013 (tanpa antri) segera daftarkan diri anda untuk HAJI 2013 tanpa antri dengan harga dari 75 juta. Quota terbatas bagi yang berminat dan serius silahkan segera hubungi kami Nashir Harist
    no kontak : 08122720855 / 08170402255 / 081578600855

    27 January 2013 at 06:23 am
    Andi Suandi

    Assalamu,alaikum,salam kenal baru gabung dengan,SS

    09 February 2013 at 08:45 am
    Kalid Gafa

    Alhamdulillah..aemoga ilmu ini pat kite kongsikan pada saudara2 se Islam yg tidak tahu akan nama2 ini..sy ahli baru dalam SS..

    15 February 2013 at 14:22 pm
    Muhamad Hanif Omar Ali

    Opick

    19 February 2013 at 03:36 am
    Andi Fadilah Noviyanti

    Assalamu `alaikum..
    http://www.hitlikeagirlcontest.com/videos/entry/fadilah-darswa
    linknya dibuka trus vote sy ya :D thanks :)

    23 February 2013 at 16:22 pm
    Kene

    http://islamterbuktibenar.net
    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=421814161188678&set=a.261749383861824.56051.261746267195469&type=1&theater
    http://www.fimadani.com/misteri-keislaman-patih-gajah-mada-dan-kerajaan-majapahit/
    http://cahyono-adi.blogspot.com/2012/02/bagaimana-iran-mengalahkan-al-amerika-2.html#.USRGxzd6Hsk
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10152417021645258&set=a.10150225283385258.458245.10150117443820258&type=1&theater

    26 February 2013 at 14:28 pm
    Saidramadlan

    assalamualaikum kyai,bolehkah saya bertanya secara agak panjang mengenai fiqih?
    syukran katsiran wassalam

    08 March 2013 at 13:50 pm
    Muhammad Ediyanto

    "assalamualaikum kyai, , , ,?tlg kasih gambaran dunxxx nama bwat anax laki", , , ,, , ,waalaikum sallam

    19 March 2013 at 16:36 pm
    Meirani

    subhannalah ....indah skli nma nya,,,,

    23 March 2013 at 08:47 am
    Hasan Nuruddin

    Tulis Komentar

    23 March 2013 at 11:01 am
    Restu Sri Rahayu

    namanya mengandung makna. :)

    30 March 2013 at 07:41 am
    Mohammad Rais

    Tulis Komentar

    31 March 2013 at 08:51 am
    Mohammad Rais

    Nama adalah doa makanya kalau memberi nama untuk anak harus yang baik2.

    31 March 2013 at 08:52 am
    Anissyaul Muhimatul Afadoh

    assalamualaikum pak ustad saya mau tanya kalau nama saya ini artinya apa?

    04 April 2013 at 15:24 pm
    Hanik Fadilatul Fadilah

    Tulis Komentar

    19 April 2013 at 10:59 am
    Isti Kurniati

    subhanallah ustad. indah sekali

    19 April 2013 at 19:32 pm
    Putri Nazla

    subhanallah nama nya indah2

    20 April 2013 at 11:38 am
    Ratu Zahra Bilqis

    pak ustad nama buat anak laki2 donk...!

    26 April 2013 at 21:32 pm
    Ifadzatul Ulum

    pak ustad kalau arti nama saya ini apa ya ???

    28 April 2013 at 22:46 pm
    Moniee Ajha

    lo` monita i2 pa artinya?

    01 May 2013 at 13:24 pm
    Afidz Almantiqi

    apalah arti sebuah nama bila tak sesuai dgnya,,,,he,he tpi btul ustad ada keberkahan di balik nama aku setuju;;;;

    06 May 2013 at 18:28 pm
    Suly Yanuar

    Assalamualaikum Pak Ustadz, mohon sumbang sarannya untuk nama anak laki-laki. Isteri saya sedang hamil dan kemungkinan besar anak laki-laki. Mohon sarannya Pak Ustadz... Wassalam.

    08 May 2013 at 11:13 am
    Nandang Rachman Sidiq

    Subhanaloh ana ingin memakai salah satu nama buat anak ana nanti jika di amanati anak perempuan , boelhkan pak ustad?

    30 May 2013 at 20:05 pm
    Iwan Ruswandi

    Subhanallah.... Semoga Pak Kiyai Saya diberikan Berkah untuk mendapatkan Keturunan lagi,... dan. mengambil nama tersebut. amin

    01 June 2013 at 11:34 am
    Baitul Hikmah

    insyaalloh saya juga bentar lagi bayi saya akan lahir, salam ukhuwah

    03 June 2013 at 22:44 pm
    Eka Erviana

    terimakasih ustadz

    04 June 2013 at 12:50 am
    Rian Toa Rimbawan

    Makasih infonya ustad Mudah2an allah memberi kemudahan untuk menambah keturunan...ada nama untuk laki2 pa Ustad?

    05 June 2013 at 08:47 am
    Edi Suryanto

    ALHAMDULILLAH...

    10 July 2013 at 08:41 am
    Muhammad Yedi Kurniawan

    subhanallah

    12 July 2013 at 06:21 am
    Jhafran Khamil

    insya allah dalam dua bulan kedepan istri saya akan melahirkan anak laki2x insya allah,,saya harap ustad berkenan memberikan contoh nama yang islami.

    19 July 2013 at 23:00 pm
    Zaisanifie

    subhanallah.....! buat ummat islam semua... salam kenal dan salam persahabtan

    22 July 2013 at 08:49 am
    Muhaimin Iskandar

    assalamu`alaikum..

    08 August 2013 at 08:19 am
    Miskat

    Tulis Komentar

    12 August 2013 at 12:22 am
    Taufan Akmal Abbadi


    assalamu`alaikum, subhanallah bagus namanya, ustad mau tanya klo "TAUFAN AKMAL ABBADI" artinya apa?? sukron

    20 August 2013 at 19:11 pm

    Super sekali

    21 August 2013 at 00:41 am
    Yovie Pratama Akbar Diansch

    subhanallah

    29 August 2013 at 10:30 am
    Sudirman Asslemani

    masya allah

    09 September 2013 at 11:59 am
    Muhammad Kamiludin

    syukron ya ustadz....maaf sebelumnya...
    tapi diantara sekian banyak yang bapak sebutkan nama manakah yang paling afdhol...dan jga nama untuk anak laki2 gimana....
    syukron `alal `ilmi ya ustadz...semga kta bisa mengamalkannya aminn..

    21 September 2013 at 23:19 pm
    Ahmad Heri Santoso

    subhanallah

    30 October 2013 at 16:32 pm
    Muhammad Afif Alkarim

    Allahu akbar

    07 November 2013 at 09:16 am
    Rudi Gunawan

    subhanallah :)

    11 November 2013 at 13:53 pm
    Yasmin_Id

    Subhanallah, Indah sekali nama2nya. saya sedang hamil 7 bln. Insya Allah kelahiran feb 2014. bagi shbt yang punya koleksi nama perempuan yang indah mohon menghubungi sy di 085648811412.trims

    03 December 2013 at 14:54 pm
    Yusuf Toriq Bin Ziyadz

    subhanalloh,

    21 December 2013 at 11:03 am
    Ahmad Bukhari Muslim

    AllahuAkbar

    31 December 2013 at 22:14 pm
    Feadhiel Adiet_taeyo

    subhanaAllahh...

    08 January 2014 at 17:22 pm
    Pengurus_ikafst

    nama yang indah dan damai ya ustad..

    11 January 2014 at 14:37 pm
    Zaky Fernanda

    Tulis Komentar

    14 January 2014 at 16:07 pm
    Zaky Fernanda

    Tulis Komentar

    14 January 2014 at 16:07 pm
    Zaky Fernanda

    basmallah

    14 January 2014 at 16:07 pm
    Rudi Gunawan

    subhanalloh :)

    18 February 2014 at 08:05 am
    Khoiri

    subhanallah....

    12 March 2014 at 16:02 pm
    Ahmad Khoiri

    allaah

    21 March 2014 at 12:05 am


Khazanah
  • Meneladani Semangat Abdullah bin Ummi Maktum dalam Mencari Ilmu
  • Abdullah bin Ummi Maktum panggilannya. Nama sebenarnya adalah Abdullah bin Umar bin Syuaraikh, ia berasal dari Suku Quraisy yang masih memiliki hubungan saudara dengan Khadijah binti Khuwalid. Ia adalah seorang Tuna Netra. Sudah sedari kecil matanya tidak bisa melihat. Penduduk kota Mekkah mengenalnya sebagai orang yang rajin mencari ilmu

  • Memerangi Hawa Nafsu
  • Ibnul Qayyim mengatakan bahwa memerangi hawa nafsu adalah jihad yang paling diwajibkan. "Barangsiapa yang memerangi hawa nafsu karena Allah, maka Allah akan menunjukkan kepadanya jalan yang diridhai-Nya, yang akan menghantarkannya kepada surga. Dan barangsiapa tidak memeranginya, maka ia akan ditelan hawa nafsunya."

  • Keikhlasan dalam Menerima Takdir Allah
  • Sudah seberapa jauhkah keikhlasan kita dalam menerima takdir Allah? Sebuah takdir Allah yang tidak sesuai dengan harapan kita. Atau lebih jauh, takdir Allah yang tak pernah terbayangkan sebelumnya sehingga kita berada pada titik terbawah dalam kehidupan yang kita jalani ini. Sudahkah kita menerima takdir Allah yang seperti itu dengan kelapangan hati?

Masjid
Live Streaming
  • Majelis Az-Zikra
  • Penceramah : Muhammad Arifin Ilham
    Siaran langsung kegiatan-kegiatan dari Majelis Az-Zikra, silahkan simak setiap harinya.